Cara Obati Penyakit Batu Ginjal Secara Herbal

Batu ginjal adalah suatu kondisi terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material yang di maksud adalah sisa zat-zat seperti kalsium, zat kapur, dan unsur-unsur kristal lain dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal. Batu ginjal adalah penyakit yang sering di jumpai di indonesia , umum nya yang mengidap penyakit ini adalah pria . batu ginjal umum nya di sebabkan dari pola makan yang tidak teratur.

Cara Mengobati Penyakit Ginjal 

 Faktor Penyebab Batu Gijal :

  • Sering menahan kencing terlalu lama sehingga urin menjadi pekat.
  • Kurang minum air putih sehingga jumlah urin yang dikeluarkan sedikit.
  • Pekatnya kadar garam dalam urin sehingga berpotensi terjadinya endapan batu dalam saluran kemih.
  • Terlalu banyak zat kimia yang terdapat dalam urin, seperti kapur dan garam oksalat.
  • Kelebihan vitamin D, kadar asam urat, atau terlalu banyak mengonsumsi kalsium yang sepenuhnya tidak larut

Gejala Batu Ginjal

Sakit batu ginjal pada umumnya terdapat pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul dan bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin. Pada penderita batu ginjal biasanya mempunyai beberapa ciri atau gejala-gejala sebagai berikut :
  • Rasa nyeri pada bagian pinggang, punggung dan bagian pinggul. Hal ini disebabkan karena keberadaan batu ginjal yang menghambat terjadinya proses penyaringan.
  • Rasa nyeri dari pinggang yang  menyebar ke tubuh bagian bawah mulai dari pangkal paha.
  • Penderita batu ginjal merasakan kesakitan saat buang air kecil seperti akan mengeluarkan batu. Hal ini lah mengapa batu ginjal juga disebut juga dengan kencing batu.
  • Urine yang keluar akan terlihat berwarna merah, pink, atau bisa juga berwarna cokelat kemerahan. Ini karena terjadi pendarahan pada ginjal karena keberadaan batu ginjal yang menghambat proses penyaringan.
  • Di sertai rasa mual dan muntah-muntah.
  • Selalu merasa ingin buang air kecil.
  • Infeksi yang terjadi di dalam ginjal maka penderita akan merasakan demam dan menggigil.

Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal secara Herbal

Beberapa jenis tanaman obat alami bisa dimanfaatkan khasiatnya untuk ramuan pemecah batu ginjal. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman dan ramuan hebal untuk mengobati Batu Ginjal Secara Alami :

1. Daun Kumis Kucing
Daun kumis kucing adalah salah satu jenis tanaman obat tradisional yang terkenal  kaya akan manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk pengobatan batu ginjal.
Bahan-bahan untuk membuat ramuan :  30 lembar daun kumis kucing, 20 gram daun meniran, dan 30 gam daun keci beling. Cuci semua bahan hingga bersih kemudian rebus semua bahan ke dalam empat gelas air. Tunggu air rebusan hingga tersisa separuhnya saja. Saring air rebusan dan minum obat tradisional pemecah batu ginjal ini dua kali sehari sebanyak dua gelas.

2. Daun Alpukat / Avokad
Salin buahnya yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, Daun alpukat / avokat ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan batu ginjal. Bahan-bahan untuk membuat ramuan : Siapkan daun avokad sebanyak lima lembar, daun tempuyung sebanyak 30 gram, dan tonkol jagung sebanyak lima buah. Cuci sampai bersih semua bahan-bahan yang sudah dipersiapkan lalu rebus dalam panci besar bersama dengan 4 gelas air. Tunggu air rebusan hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah itu, masukkan ke dalam dua gelas dan minum obat tradisional pemecah batu ginjal ini dua kali sehari secara teratur setiap pagi dan sore.

3. Daun Sendok
Khasiat daun sendok bagi kesehatan sangat luas sekali, tidak hanya daun, tetapi juga bijinya dan akarnya juga dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan berbagai keluhan kesehatan termasuk untuk pengobatan batu ginjal. Bahan-bahan untuk membuat ramuan : siapkan 30 gram daun sendok dan 60 gram daun krokot yang berwarna hijau. Selain itu, tambahkan juga 60 gram akar alang-alang. Cuci semua bahan hingga benar-benar bersih kemudian rebus dengan air 800 cc hingga air tersisa hingga 400 cc. Saring air rebusan kemudian minum obat tradisional pemecah batu ginjal dua kali sehari sebanyak satu gelas sekali minum.

4. Daun Pegagan
Manfaat daun pegagan ini memang sangat banyak dan sering digunakan sebagai bahan obat tradisional alami yang ampuh. Daun pegagan umum dimanfaatkan sebagai pengobatan beberapa penyakit seperti penyakit kulit, Jerawat , kecantikan wanita dan juga pengobatan pada penyakit batu ginjal. Bahan-bahan untuk membuat ramuan : siapkan 30 gram daun pegagan, 50 gram rambut jagung, dan 30 gram keci beling. Cuci semua bahan hingga bersih kemudian direbus dengan 4 gelas air., tuinggu air rebusan hingga tinggal separuhnya saja. Setelah itu, saringa air rebusan dan minum dua kali sehari. Setiap minum obat tradisional pemecah batu ginjal ini, dosis yang dianjurkan adalah satu gelas untuk sekali minum.

5. Daun Keci Beling
Daun keji beling atau pecah beling mempunyai kandungan mineral yang sangat tinggi seperti kalium, kalsium, natrium, ferum, dan fosfor. Daun ini juga mengandung kafein dalam kadar yang rendah. Kalium ysng terkandung dalam keji beling berfungsi melancarkan air seni serta menghancurkan batu dalam empedu, ginjal, dan kandung kemih. Bahan-bahan untuk membuat ramuan : Siapkan 7 lembar daun keci beling serta 40 lembar daun kumis kucing. Setelah itu, siapkan 5 batang meniran bersama dengan akarnya serta satu buah rimpang kunyit yang memiliki ukuran sebesar telur ayam. Cuci semua bahan hingga benar-benar bersih kemudian direbus ke dalam air hingga tersisa 3/4nya saja. Saring air rebusan kemudian minum obat tradisional pemecah batu ginjal 3 kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum.

Itulah Informasi cara mengobati batu ginjal secara herbal.  Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih.

0 Response to "Cara Obati Penyakit Batu Ginjal Secara Herbal "

Posting Komentar