Cara Obati Penyakit Ginjal Polikistik Sacara Herbal

Polikistik ginjal atau kista ginjal adalah kantong, biasanya berbentuk bulat atau oval, berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Kondisi ini berkaitan dengan kelainan serius yang bisa mengganggu fungsi ginjal di dalam tubuh. Seabgian besar kasus kista ginjal bersifat jinak atau tidak menyebabkan kanker dan jarang sekali terjadi komplikasi akibat kondisi ini. Kista ginjal jenis ini dikenal dengan istilah kista ginjal sederhana.

Penyakit ginjal polikistik disebabkan oleh adanya kelainan genetik, sehingga penyakit ini diturunkan dalam keluarga. Pada kasus yang jarang penyakit ini juga bisa terjadi akibat adanya mutasi genetik. Kelainan genetik ini menyebabkan terbentuknya kista-kista pada kedua ginjal.

Penyakit Ginjal Polikistik

Kista semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia, disertai dengan penurunan aliran darah ke ginjal dan terbentuknya jaringan parut pada ginjal sehingga bisa terbentuk batu ginjal dan pada akhirnya terjadi gagal ginjal. Penyakit ginjal polikistik biasanya baru menimbulkan gejala saat awal atau pertengahan masa dewasa, terkadang gejala yang ada sangat ringan sehingga penderita tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki penyakit tersebut.

Gejala penyakit ginjal polikistik

  • Sering buang air kecil
  • Adanya darah pada urine
  • Rasa tidak nyaman atau nyeri perut
  • Rasa nyeri kram yang hebat
  • Infeksi saluran kemih berulang
  • Kelelahan dan rasa mual
  • Terkadang disertai adanya tekanan darah tinggi

Diagnosis ginjal polikistik

Ketika mengalami gejala yang seperti diatas, segera kunjungi dokter  untuk mendapatkan pengobatan. Dokter akan menanyakankeluhan dan riwayat kesehatan keluarga, kemudian dilakukan pemeriksaan fisik. Selanjutnya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan untuk lebih memastikan diagnosis. Tes yang sering dilakukan antara lain:

  • Tes Darah
Dengan mengambil sempel darah untuk diteliti di laboratorium yang bertujuan untuk melihat apakah kista yang terdapat di dalam ginjal memberikan pengaruhnya secara umum terhadap funsi ginjal tersebut.

  • Tes Urin 
Pengambilan sempel urin yang bertujuan untuk mengetahui apakah di dalam urin terdapat kandungan protein atau darah.

  • Tes Pencitraan
Pada tes ini penemuan kista di ginjal merupakan suatu kebetulan yang kadang terjadi disaat melakukan pemeriksaan untuk kondisi medis yang lain. Tetapi melalui ultrasound, Ct Scan, dan MRI akan dapat mempengaruhi apakah terdapat kista di dalam ginjal atau tidak.

Cara Mengobati Penyakit Ginjal Polikistik Secara Herbal

1. Cara pertama
Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu seperti, 1 genggam batang jeruk nipis, 1 genggam daun benalu jeruk nipis, 7 lembar daun sendokan segar, 11 lembar daun pegagan dengan tangkainya, 1 biji rimpang temuputih sebesar telor itik. Cara membuatnya, Cacah batang dan daun jeruk nipis, Kupas temu putih lalu di cuci dan di iris tipis, Kemudian semua bahan di rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 4 gelas, Setelah dingin, angkat dan saring, Lalu diminum 3 kali sehari, Masing-masing 2/3 gelas, Lakukan selama sebulan.

2. Cara Kedua
Siapkan bahan-bahan seperi, 1 genggam daun pegagan segar dengan tangkainya, 2 batang meniran (dengan akarnya), 7 jengkal akar alang-alang (kulit arinya dibuang), 1 biji rimpang temumangga sebesar telur itik. Cara membuatnya, Kupas temumangga, lalu di cuci dan diiris tipis, Rebus dengan bahan lain dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 4 gelas, Setelah, Kemudian diminum 3 kali sehari, Masing-masing 2/3 gelas, Lakukan selama sebulan.

Pencegahan penyakit ginjal polikistik

  • Mengendalikan tekanan darah, dengan mengkonsumsi obat yang telah direkomendasikan oleh dokter.
  • Kurangi asupan makanan dengan kadar garam tinggi.
  • Kontrol berat badan yang ideal.
  • Beraktifitas dan berolahraga secara rutin dan teratur, akan tetapi menghindari olah raga dengan kontak fisik yang dapat menimbulkan cedera pada ginjal yang mengalami pembengkakan.
  • Selalu mengkonsultasikan kepada dokter ketika hendak mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu.

Sekian artikel mengenai cara mengobati penyakit ginjal polikistik secara herbal. Penyakit ginjal merupakan penyakit yang tergolong serius, Namun jika diobati sejak dini masih bisa disembuhkan. periksakan segera apabila Anda mengalami gejala seperti diatas. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Cara Obati Penyakit Ginjal Polikistik Sacara Herbal"

Posting Komentar